Book Now   +62.281.638835   +62.812.222.06.567

NOPIA DAN MINO

Info Atraksi

Nama Nopia dan Mino
Lokasi Toko Oleh-oleh di Purwokerto

Deskripsi Atraksi

Satu lagi camilan khas kota purwokerto yang bisa anda coba dan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh saat anda berlibur atau berkunjung ke Purwokerto, Namanya Nopia. Nopia ini sejenis kue kering yang terbuat dari tepuung terigu dan didalamnya disi dengan adonan gula jawa dan dibentuk bulat agak lonjong kira-kira sebesar telur ayam. kadang-kadang ada pula yang menamai kue ini dengan sebutan “telur gajah”. Entah mengapa di sebut telur gajah belum terlalu jelas sebabnya. mungkin karena bentuknya yang bulat berwarna putih dan berukuran lumayan besar.

Proses pembuatan nopia ini adalah setelah adonan gula dibungkus dengan terigu, dopia dimasukkan ke dalam loyang dan dioven besar.  Oven besar tersebut itu terbuat dari tanah liat. Pembakarannya juga masih memakai cara tradisional yaitu menggunakan arang. Uniknya lagi, arang tidak berada di bawah oven, tapi di dalamnya. Jadi, kayu bakar dimasukkan ke dalam oven dan dibakar sampai menjadi arang. Setelah itu, arang dikeluarkan dari oven yang sudah panas baru dimasukkan bahan mentah nopia.

Kue khas Banyumas itu lalu ditempel di dinding oven tanpa perekat. nopia menempel di dinding oven karena bantuan terigu. Untuk itu, terigu yang digunakan harus bagus, tidak boleh terigu dengan kualitas buruk. proses pemanggangan berlangsung sekitar 15 menit sampai nopia matang. Tekstur nopia ini adalah dari luar kelihatan keras, namun setelah digigit maka bagian tengahnya keropos dan rasa manis dari gula jawa akan langsung anda rasakan. Untuk daya tahan nopia ini sendiri bisa sampai 3 – 4 bulan walaupun tidak menggunakan bahan pengawet. Selain nopia ada pula Mino, atau yang merupakan singkatan dari mini nopia. bentuk dan rasanya sama dengan nopia hanya saja

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.