Book Now   +62.281.638835   +62.812.222.06.567

WISATA DESA KLINTING

Info Atraksi

Nama PESONA DESA KLINTING

Deskripsi Atraksi

PESONA DESA KLINTING

Desa Klinting merupakan desa yang ada di Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas. Desa yang berpenduduk sekitar 2.757 orang ini mempunyai Luas sekitar 391,54 ha dengan ketinggian 500 mdl. Desa yang penduduknya rata-rata bermata pencaharian sebagai Petani dan Peternak ini dapat ditempuh dengan jarak 27 Km atau sekitar 1 jam perjalanan dari Ibu Kota Kabupaten Banyumas. Desa yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan sebagian lagi beragama Hindu ini mempunyai hasil komoditas antara lain hasil pertanian, perkebunan, kehutanan dan peternakan. Desa Klinting mempunyai berbagai objek wisata yang berselimut dengan keindahan alam dan memiliki pesona tersendiri untuk anda nikmati, antara lain

a. Pura Giri Kendheng

Merupakan pura yang berada di Dusun Wanasara desa Klinting. Dan berdiri pada tahun 1990-an yang dibangun langsung oleh ahli pembuat pura dari Bali sehingga suasana Bali sangat terasa di Pura ini. Di dalam Pura Giri Kendheng terdapat Candi Penunggon Karang, Padmasana Panglurah, Padmasana Candi Gedhong. Candi Gedhong untuk bersemayam Sangyang Widi sebelum bersinggasana di padmasana, di dalam Candi Gedhong terdapat Arca atau Pratima, perwujudan Sangyang Widi sebagai trimurti. Panglurah untuk beristana para leluhur, Petunggon Karang tempat istana Dahnyang yang menjaga Pura.

Giri Kendheng merupakan pura yang menjadi pusat atau tempat berkumpulnya umat Hindu di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas pada saat hari-hari besar Hindu.Adanya Umat Hindu di desa Klinting merupakan salah satu yang unik dan menarik. Apalagi dengan adanya Pura Giri Kendheng menambah daya tarik tersendiri. Sehingga nantinya Pura Giri Kendheng akan menjadi salah satu tujuan wisata budaya yang ada di desa Klinting seperti halnya pura-pura yang ada di Pulau Bali.

b. Agro Wisata Jambu Biji Watu Lintang

Batu besar berukuran ±6×8 m  yang tampak besar menyembul gagah diantara rindangnya pepohonan pegunungan Kendheng itu diyakini warga desa Klinting sebagai batu meteor.  Masyarakat menyebut nama batu  tersebut dengan sebutan Watu Lintang.  Terlepas dari “mitos” batu meteor, eksotisme watu lintang tersebut dikembangkan oleh masyarakat sekitar menjadi agro wisata jambu biji dengan menanamkan sedikitnya 38 bibit tanaman jambu biji di sekitar watu lintang/batu meteor tersebut.

c. Dermaga Udara Lemah Abang

Sebuah tempat wisata di Desa Klinting yang menyuguhkan panorama alam lembah serayu, dimana kita dapat melihat keindahan lekukan serayu dari atas. Lemah Abang yang berarti Tanah berwarna merah berada di dekat perbatasan desa klinting dengan desa kemawi.

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.